Menggambar Segi Sembilan Beraturan

Cara Menggambar Segi Sembilan Beraturan - Sesuai dengan jurusan sekolah saya mengambil jurusan teknik pemesinan di mata pelajaran membaca gambar ada teori seperti ini, namun bila kalian ada tugas seperti ini dan kesulitan untuk mengerjakannya bisa simak tutorialnya dari saya. Materini ini tidak hanya ada di teknik pemesinan saja di teknik bangunan/arsitek juga ada, ok untuk langkahnya bisa simak langsung :

Jangan lupa alat yang diperlukan sudah komplit diantaranya jangka, penggaris, penghapus, pensil.

1). Buatlah lingkaran.
2). Trik garis tegak AB dan bagilah AB menjadi 9 bagian sama panjang (Kalau saya sebelum membuat lingkaran, membuat dulu diameternya 9 cm, di bagi 9 jadi masing-masing jadi 1 cm).
3). Tarik garis CD tegak lurus garis AB di tengah-tengah AB.
4). Perpanjang garis AB dan CD berturut-turut dengan BE dan DF = 1/9 AB.
5). Hubungkan DF hingga memotong lingkaran, maka garis dari titik potong lingkaran ke titik 3 merupakan sisi segi sembilan beraturan dan ukuran pada keliling lingkaran.

Sebagai contoh dan penjelasannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :



Semoga bisa dimengerti penjelasan dari saya mohon maaf bila tulisan saya acak-acakan karena lewat HP :D

Sekian dulu, kalau kurang mengerti sama sekali bisa Contack saya :) atau komentar. Terima kasih.
Advertisement